Doktor Baru : Ni Nyoman Kerti Yasa

Setiap perusahaan yang beroperasi selalu ingin mencapai kinerja yang baik. Kinerja merupakan ukuran pencapaian tujuan perusahaan. Pencapaian kinerja suatu perusahaan tidak terlepas dari pengaruh faktor lingkungan, baik lingkungan internal maupun eksternal.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan mikro juga berusaha mencapai kinerja yang baik. Semua BPR mempunyai harapan untuk mencapai kinerja yang baik, tetapi realita yang ada tidaklah selalu sama dengan harapan. Seperti kinerja BPR di Bali pada tahun 2007 yang menunjukkan peningkatan yang cenderung tetap dari tahun ke tahun. Rata-rata pertumbuhan aset BPR tercatat 23,66 %, sedangkan kredit tumbuh sebesar 23,54 %. Sedangkan nilai Loan Deposit Ratio (LDR) mencapai 116 %. Tingkat LDR mencerminkan bahwa persaingan pada industri perbankan semakin meningkat.

Hal ini disampaikan oleh Ni Nyoman Kerti Yasa dalam ujian disertasi berjudul “Peran Partnership Strategy Berbasis Intensitas Persaingan dan Keterbatasan Sumber Daya (Studi Pada Bank Perkreditan Rakyat di Provinsi Bali)”, Rabu (19/5) bertempat di Ruang Sidang Utama FEUB. Disertasi ini dipromotori oleh Prof Dr Djumilah Zain, SE (Promotor), Prof Armanu Thoyib, SE.,M.Sc., PhD (Ko-Promotor I), Dr Mintarti Rahayu, M.Si (Ko-Promotor II). Sedangkan Tim Dosen Penguji yaitu Prof Syafie Idrus, SE.,M.Ec.,PhD (Dosen Penguji I), Prof Dr Bambang Subroto, SE.,MM.,Ak (Dosen Penguji II), Prof Umar Nimran, MA.,PhD (Dosen Penguji III), Prof Dr Eduardus Tandelilin, MBA (Dosen Penguji Luar I), dan Dr Hadi Satyagraha (Dosen Penguji Luar II).

Ni Nyoman Kerti Yasa mengungkapkan bahwa pertumbuhan jumlah aset BPR di Bali terjadi karena BPR sudah melakukan linkage program (antara lain dalam bentuk pemberian modal, informasi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia) dengan bank umum. Kebijakan linkage program merupakan salah satu dari partnership strategy yang dijalankan oleh BPR. Dengan mengoperasikan partnership strategy, BPR akan mendapatkan benefit dari bentuk kerja sama itu. Penerapan partnership strategy tidak hanya didorong untuk mangatasi tekanan dari persaingan industri, tetapi juga karena faktor internal perusahaan seperti adanya keterbatasan sumber daya. Keterbatasan sumber daya terutama keterbatasan SDM dan sumber daya organisasi merupakan salah satu karakteristik yang dimiliki oleh BPR di Bali.

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa intensitas persaingan industri dan keterbatasan sumber daya perusahaan mempengaruhi kinerja perusahaan secara negatif. Dengan mengimplementasikan partnership strategy diharapkan pengaruh negatif dari intensitas persaingan industri dan keterbatasan sumber daya terhadap kinerja perusahaan menjadi positif. Tujuan penelitian ini mengkaji hubungan antar variabel sehingga termasuk dalam explanatory research. Lokasi penelitian ini adalah di Provinsi Bali dengan target BPR di Bali. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 143 BPR di Bali. Pengambilan sampel dengan non proportionate random sampling. Berdasarkan Tabel Kracjie dan Morgan, jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 105 BPR di Bali. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Model Persamaan Struktur (Structural Equation Model, SEM)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas persaingan industri yang makin ketat akan menurunkan kinerja perusahaan, namun pengaruh buruk ini dapat ditekan bila perusahaan mampu mengimplementasikan partnership strategy dengan kuat. Demikian juga keterbatasan sumber daya perusahaan yang semakin tinggi akan menurunkan kinerja perusahaan, namun pengaruh buruk ini dapat diatasi bila perusahaan mampu membangun kemitraan yang kuat.

Setelah mempertahankan disertasi, Ni Nyoman Kerti Yasa dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dan berhak meraih gelar Doktor Bidang Ilmu Manajemen Minat Manajemen Strategi.

Ni Nyoman Kerti Yasa, lahir di Denpasar 17 Juli 1962. Meraih gelar sarjana pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Udayana tahun 1985. Melanjutkan studi S2 pada Program Ilmu Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada dan lulus tahun 1991. (ris)

Sumber: http://www.fe.unibraw.ac.id/?id=889

Comments

Popular posts from this blog

10 Karakter Sifat yang paling disukai